Wednesday, June 11, 2014

Help and Documentation - bajulagi.com

Help and Documentation, maksudnya sistem yang baik adalah sistem yang membantu pengguna mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Ringkasan masalah :
Keyword untuk pencarian hanya bisa mendeteksi kode barang / produk.

Deskripsi masalah :
Textfield untuk pencarian pada website bajulagi.com hanya bisa mendeteksi kode barang. Jika yang diketikkan adalah jenis bahan, ukuran atau yang lainnya maka sistem akan memberitahu bahwa data yang dicari tidak ditemukan.


Seperti pada gambar di atas, jika dimasukkan kata "brukat" pada kotak pencarian di pojok kanan atas tidak akan ditemukan produk yang relevan. Padahal ekspektasi user ketika mengetikkan keyword di kotak pencarian yaitu akan muncul produk-produk yang berhubungan atau mengandung keyword tersebut.


Masalah lainnya adalah ketika user mencoba lagi melakukana pencarian berdasarkan kategori dan mengklik tombol "Cari", tidak ada proses apapun yang terjadi. Jadi kotak pencarian disini tidak cukup membantu user untuk mendapatkan informasi yang diharapkan.

Rekomendasi perbaikan :
Sebaiknya keyword yang bisa digunakan di kotak pencarian mencakup semua detail produk, dan jika tombol "Cari" pada pencarian berdasarkan kategori tidak berfungsi sebaiknya hilangkan saja pilihan pencarian tersebut.

Severity rating :
Severity rating untuk permasalahan ini adalah 4 (Penting untuk diperbaiki sebelum produk di release).

No comments:

Post a Comment