Monday, March 15, 2010

Packet Switching

Packet switching diperkenalkan tahun 1971 melalui proyek ARPA-net (Advanced Research Project Agency Network). Packet switching merupakan suatu metode untuk mengirimkan informasi yang memisahkan pesan yang panjang ke dalam unit-unit kecil (paket) yang berukuran tetap. Tiap paket berisi data dari user dan info control. Info control minimal berisi info bagaimana paket bisa melalui jaringan dan mencapai alamat tujuan. Metode ini memungkinkan banyak pemakai memakai penghubung transmisi berkecepatan tinggi secara bersama-sama.

Dua hal yang menyebabkan packet switching diperkenalkan :
  •         Untuk beberapa koneksi data sebagian besar waktunya berada pada keadaan idle sehingga      pendekatan circuit switching menjadi tidak efisien.
  •        Dalam jaringan circuit switching, koneksi yang terjadi memungkinkan dilakukannya transmisi pada    rate data konstan. Masing-masing perangkat yang berhubungan harus bekerja pada rate data yang  sama sehingga dapat membatasi kegunaan jaringan yang memiliki interkoneksi berbagai macam  komputer.

 Kelebihan Packet Switching :
1.       Jalur efisiensi yang lebih besar
2.       Konversi rate data
3.       Paket dapat diterima meskipun sedang sibuk
4.       Skala prioritas dapat digunakan

Teknik Switching :
·         Stasiun pemecah pesan yang panjang dalam bentuk paket
·         Paket dikirim segera ke jaringan
·         Paket dikemas dalam dua cara
  1. Datagram, adalah sebuah paket data yang mengandung alamat terminal atau komputer yang dituju dan bersifat bebas/terpisah dari paket lain yang berkaitan dengan transaksi yang sama. Akibatnya, bisa saja terjadi paket sampai dengan urutan berbeda dengan yang sewaktu dikirim. Atau bisa terjadi beberapa paket hilang di tengah jalan dan tidak sampai ke tujuan.
  2. Circuit Virtual,

-          Rute sudah direncanakan terlebih dahulu sebelum paket-paket dikirim.
-          Koneksi dibangun antara permintaan dan penerimaan.
-          Setiap paket mempunyai identifikasi sirkuit virtual sebagai alamat tujuan.
-          Setiap paket dapat mencari jalur sendiri.


No comments:

Post a Comment