Monday, March 15, 2010

Circuit Switching

Circuit switching merupakan sebuah metode pembukaan jalur komunikasi dengan melaksanakan pemindahan data dari satu simpul ke simpul yang lain sampai ke tujuan. Metode ini digunakan untuk panggilan telepon biasa. Circuit switching menerapkan sebuah path komunikasi yang dedicated (permanen) antara dua buah stasiun.

Komunikasi melalui jaringan simpul meliputi tiga tahap, yaitu  :
1.    Pembangunan Circuit, menetapkan jaringan atau circuit yang akan dilewati, dari satu stasiun ke stasiun lainnya.
2.      Transfer Data, data ditransfer melalui circuit yang sudah ditetapkan.
3.      Diskoneksi Circuit

Routing dalam Circuit Switching
Efisiensi jaringan diperoleh dengan cara meminimalisasi switching dan kapasitas transmisi. Komponen dalam arsitektur jaringan telekomunikasi umum yaitu :

  • ·         Pelanggan.
  • ·         Local Loop, link antara pelanggan dan jaringan.
  • ·         Exchanges, switching local dalam sebuah jaringan.
  • ·         Trunks, cabang-cabang antara exchanges.

Jaringan dengan menggunakan circuit switching didesain untuk voice traffic. Meskipun demikian, circuit switching network juga digunakan dalam komunikasi data dimana akan terjadi :
-      Untuk terminal to host data connection, waktu pada line terbuang percuma. Jadi, komunikasi data  tidak akan efisien jika menggunakan circuit switching network.

-          Koneksi menyediakan rate yang konstan. Jadi device yang saling terhubung mempunyai rate yang sama  saat transmit atau receiving data. Ini membatasi utilitas dalam jaringan yang banyak terdapat variasi  komputer dan terminal.

No comments:

Post a Comment